7 Aspek Kewirausahaan
1. Aspek
pasar dan pemasaran yaitu rencana pemasaran output yang dihasilkan oleh proyek
dan rencana penyediaan input.
Aspek pasar usaha kebab Baba Rafi ini,
menggunakan tempat di sekitar jalan di Surabaya yang banyak dilewati bannyak
orang, sekitar kampus serta sekitar rumahnnya.
Aspek pemasaran usaha kebab Baba Rafi
ini, mengunakan system 4P yaitu
·
Produk :
produk yang ditawarkan hanya kebab yang bercita rasa lidah orang Indonesia
·
Place :
tempat untuk menjual kebab ini adalah di sekitar kampus ITS, dekat rumah, di
pinggir-pinggir jalan dll
·
Promotion : untuk mempromosikan kebab ini, dengan cara mouth to mouth
·
Price :
harga yang ditawarkan untuk 1bungkus kebab sekitar Rp 12.000,-
2.
Aspek teknis yaitu aspek teknis yang
dibuat dengan jelas agar teknisnya dapat dianalisis secara tepat.
Teknis yang dilakukan dalam usaha kebab
ini adalah dengan mewaralabakannya. Dan ini teknis ini berhasil serta
berkembang di Indonesia.
3.
Aspek keuangan yaitu aspek yang
tujuannya menghasilkan benefit dan profit.
Dengan usaha kebab ini, Hendy Setiono
mempunyai untung yang menggiurkan yaitu dengan menghasilkan profit bersihnya
sekitar 2,25 M per bulannya.
4.
Aspek institusional, organisasional,
manajerial yaitu badan pelaksana badan bentuk organisasi yang system
pengelolannya dari usaha yang direncanakan.
Usaha kebab ini menggunakan system majajerial
seperti di system waralaba. Dan yang mengolahnya adalah pemilik itu sendiri
yaitu Hendy Setiono.
5.
Aspek lingkungan yaitu analisis mengenai
dampak lingkungan (AMDAL) yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan baik
positif maupun negative.
Usaha kebab ini mematuhi AMDAL yang
berlaku karena ini sudah menjadi prisip dalam mengatur usaha ini.
6.
Aspek legalitas yaitu aspek yang tidak
bertentangan dengan kebijakan pemerintah dan hukum.
Untuk usaha kebab Baba Rafi ini, usaha
ini mengikuti aturan yang terdapat di Indonesia yaitu dengan mengeluarkan atau
menyertakaan sertifikat halal untuk makanan ini dan ini adalah usaha legal.
7.
Aspek social dan ekonomi yaitu aspek
yang digunakan dalam proyek besar yang direncanakan dalam hal ekonomi.
Untuk aspek social bisa diliat dengan banyaknya
karyawan di usaha kebab ini yaitu berjumlah 2.400 orang. Yang berarti usaha ini
dapat menyerap tenaga kerja yang banyak. Dan untuk aspek ekonominya, usaha ini
dapat meningkatkan jumlah pendapatan Negara serta taraf hidup seorang
karyawannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar